Penelitian tindakan kelas yaitu bentuk penelitian pembelajaran yang berkonteks kelas yang dilakukan oleh pendidik untuk menyelesaikan permasalahan pembelajaran yang dihadapi oleh pendidik, membenahi kualitas dan prestasi pembelajaran dan mengujikan hal-hal baru dalam pembelajaran demi meningkatkan kualitas dan prestasi pembelajaran.
Secara singkat, penelitian tindakan kelas yaitu suatu ragam kajian yang mempunyai sifat reflektif oleh pelaksana tindakan, untuk meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan mereka dalam pelaksanaan tugas, memperdalam pengetahuan terhadap tindakan yang dilakukan, serta membenahi praktik-praktik pembelajaran yang dilakukan.
Setelah melakukan penelitian tindakan kelas, pendidik dituntut untuk bisa menulis laporannya. Dalam penulisan laporan, perlu mengikuti garis besar struktur yang umum dipakai. Untuk mempermudah menulis laporan, terlebih dahulu harus dikembangkan format atau struktur laporan. Secara garis besar, laporan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian pembukaan, bagian isi, dan bagian penunjang.
Halaman Pengesahan
Abstrak
Kata Pengantar
Dartar Isi
Daftar Tabel
Daftar Gambar
Daftar Lampiran
Bab I: Pendahuluan
Bab V: Simpulan dan Saran
Lampiran
Laporan penelitian tindakan kelas disusun sesudah penelitian selesai dilaksanakan dan sesudah data didapatkan dari lapangan lalu dianalisis. Jadi laporan bukanlah karangan penulis yang disusun tanpa disertai data dan informasi yang didapatkan di lapangan. Untuk mempermudah menulis laporan laksanakanlah hal-hal berikut:
Setelah melakukan penelitian tindakan kelas, pendidik dituntut untuk bisa menulis laporannya. Dalam penulisan laporan, perlu mengikuti garis besar struktur yang umum dipakai. Untuk mempermudah menulis laporan, terlebih dahulu harus dikembangkan format atau struktur laporan. Secara garis besar, laporan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian pembukaan, bagian isi, dan bagian penunjang.
Sistematika dan Struktur Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK):
Halaman JudulHalaman Pengesahan
Abstrak
Kata Pengantar
Dartar Isi
Daftar Tabel
Daftar Gambar
Daftar Lampiran
Bab I: Pendahuluan
- Latar Belakang Masalah (Uraian masalah yang akan diteliti).
- Rumusan Masalah (Uraian secara singkat bentuk tindakan yang akan diambil).
- Tujuan Penelitian (Uraian hasil penelitian yang diharapkan).
- Ruang Lingkup Penelitian (Batas tindakan yang akan diambil peneliti).
- Manfaat Penelitian (Uraian manfaat hasil penelitian).
- Pembahasan (Uraian deskriktif tentang variabel penelitian).
- Kerangka Berpikir (Sintaks dari hasil analisa variabel penelitian).
- Hipotesis (Dugaan sementara peneliti).
- Setting Penelitian (Lokasi dan waktu penelitian).
- Prosedur Penelitian (Gambaran umum penelitian dan rincian prosedur penelitian).
Bab V: Simpulan dan Saran
- Simpulan (Simpulkan hasil penelitian).
- Saran (Ajuan saran untuk hasil penelitian).
Lampiran
Laporan penelitian tindakan kelas disusun sesudah penelitian selesai dilaksanakan dan sesudah data didapatkan dari lapangan lalu dianalisis. Jadi laporan bukanlah karangan penulis yang disusun tanpa disertai data dan informasi yang didapatkan di lapangan. Untuk mempermudah menulis laporan laksanakanlah hal-hal berikut:
- Kembangkan judul dan sub judul pada setiap bagian dari format untuk mengisi laporan tersebut.
- Tuliskan apa yang terdapat di dalam pikiran anda, baik itu fakta, konsep, isi, atau informasi lainnya.
- Jika isi yang anda inginkan sudah masuk dalam laporan tersebut, betulkan ragam dan formatnya sesuai dengan ragam dan format yang telah ditentukan.
- Benarkan kalimatnya sesuai dengan sintaks, gramatika, dan gaya penyusunannya.