Pada intinya penelitian tindakan kelas bertujuan untuk memperbaiki berbagai persoalan nyata dan praktis dalam peningkatan mutu pembelajaran di kelas yang dialami langsung dalam interaksi antara guru dengan siswa yang sedang belajar.
Dengan terlaksananya tujuan penelitian tindakan kelas tersebut, maka diharapkan bisa menghasilkan pembetulan dan peningkatan proses, mutu, dan prestasi pembelajaran, sebagai berikut:
Mengacu pada tujuan penelitian tindakan kelas di atas, maka hasil yang diharapkan yaitu meningkatkan atau pembetulan proses, mutu, dan prestasi pembelajaran yang meliputi hal-hal sebagai berikut:
Tujuan Khusus Penelitian Tindakan Kelas:
- Meningkatkan mutu isi, masukan, proses, serta hasil pendidikan dan pembelajaran di sekolah
- Membantu guru dan tenaga kependidikan lainnya mengatasi masalah pembelajaran dan pendidikan di dalam dan luar kelas
- Meningkatkan sikap profesional pendidik dan tenaga kependidikan
- Menumbuhkembangkan budaya akademik di lingkungan sekolah, sehingga tercipta sikap proaktif di dalam melakukan perbaikan mutu pendidikan dan pembelajaran secara berkelanjutan.
- Memperbaiki dan meningkatkan kualitas praktik pembelajaran yang dilakukan pendidik demi tercapainya tujuan pembelajaran.
- Memperbaiki dan meningkatkan kinerja pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik.
- Mengidentifikasi, menemukan solusi dan mengatasi masalah pembelajaran di kelas agar pembelajaran berkualitas.
- Meningkatkan dan memperkuat keterampilan pendidik dalam mengatasi permasalahan pembelajaran dan membuat keputusan yang sesuai bagi peserta didik dan kelas yang diajarnya.
- Mengeksplorasi dan menciptakan kreasi-kreasi dan pembaruan-pembaruan pembelajaran (misalnya : pendekatan, metode, strategi dan media) yang bisa dilakukan oleh pendidik demi meningkatkan kualitas proses dan prestasi pembelajaran.
- Mencobakan gagasan, pikiran, kiat, cara dan strategi baru dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran selain keterampilan inovatif pendidik.
- Mengeksplorasi pembelajaran yang sekemudian berwawasan atau berbasis penelitian agar pembelajaran bisa bersandar pada realitas empiris kelas, bukan semata-mata bersandar pada kesan umum atau asumsi.
Dengan terlaksananya tujuan penelitian tindakan kelas tersebut, maka diharapkan bisa menghasilkan pembetulan dan peningkatan proses, mutu, dan prestasi pembelajaran, sebagai berikut:
- Penyempurnaan dan peningkatan isi, proses, mutu, dan prestasi pembelajaran.
- Penyempurnaan dan peningkatan terhadap prestasi belajar peserta didik di kelas.
- Penyempurnaan dan peningkatan terhadap metode, materi, dan pemakaian media pembelajaran di kelas.
Mengacu pada tujuan penelitian tindakan kelas di atas, maka hasil yang diharapkan yaitu meningkatkan atau pembetulan proses, mutu, dan prestasi pembelajaran yang meliputi hal-hal sebagai berikut:
- Meningkatkan atau penyempurnaan kinerja peserta didik di sekolah.
- Meningkatkan atau penyempurnaan mutu kegiatan belajar mengajar di kelas.
- Meningkatkan atau penyempurnaan mutu pemakaian alat bantu belajar, media, dan sumber belajar lainnya.
- Meningkatkan atau penyempurnaan prosedur, mutu, dan alat evaluasi yang dipakai untuk mengukur proses dan prestasi belajar peserta didik.
- Meningkatkan atau penyempurnaan permasalahan guru dan anak di sekolah.