-->

Kelebihan dan Kekurangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Kelebihan dan kekurangan penelitian tindakan kelas (PTK) serta kondisi yang diperlukan agar terlaksana dengan baik.

Ditulis oleh: Skripsi Inside
Sebagai suatu penelitian, penelitian tindakan kelas mempunyai sejumlah kelebihan untuk dipakai oleh pendidik dalam rangka membenahi kegiatan belajar mengajar dan hasil prestasi belajar peserta didik. Yang jelas, pendidik bisa pelaksanaannya sendiri sambil tetap melakukan tugas mengajarnya dan kegiatan itu dilakukan secara berkesinambungan. Namun demikian, selain mempunyai beberapa kelebihan, penelitian tindakan kelas juga mempunyai beberapa kelemahan. Memahami kelebihan dan kelemahan tersebut begitu penting bagi seorang pendidik karena dengan memahami kelebihan dan kekurangan tersebut, peneliti bisa mengurangi kekurangan dan mengoptimalkan kelebihannya.

Kelebihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

  • Praktis dan langsung relevan untuk situasi yang sebenarnya
  • Kerangka kerjanya tertata
  • Berdasarkan pada observasi yang nyata dan objektif
  • Fleksibel dan adaptif
  • Dapat dipakai untuk pembaruan pembelajaran
  • Dapat dipakai untuk mengembangkan kurikulum tingkat kelas
  • Dapat dipakai untuk peningkatan kepekaan atau profesionalisme pendidik

Kekurangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

  • Kurang tertib ilmiah, karena validitas internal dan eksternalnya lemah
  • Tujuan penelitiannya bersifat situasional
  • Sampelnya terbatas sehingga kurang representatif dan kontrolnya terhadap variabel bebas sangat sedikit

Meskipun penelitian tindakan kelas mempunyai kelemahan seperti yang disampaikan di atas, penelitian tindakan kelas juga bisa menjadi alat yang ampuh bagi pendidik untuk mengesahkan metode, strategi, model, atau teknik pembelajaran yang selama ini telah diimplementasikan. Sebab dengan dilaksanakannya penelitian tindakan kelas, berarti sudah dilaksanakan usaha pembetulan dalam meningkatkan mutu terhadap metode, strategi, model, atau teknik pembelajaran tersebut.

Agar penelitian tindakan kelas bisa terlaksana dengan baik, ada sejumlah kondisi yang perlu diperhatikan, yaitu:
  • Kesediaan pendidik untuk mengakui kekurangan berkaitan dengan proses belajar mengajar yang selama ini dilaksanakan.
  • Kesempatan yang memadai bagi pendidik untuk menemukan dan mengembangkan sesuatu yang baru.
  • Dorongan yang kuat dari dirinya sendiri untuk mengembangkan gagasan baru berkenaan dengan proses belajar mengajar.
  • Waktu yang tersedia secara memadai dan keseriusan untuk mengelola waktu tersebut antara kegiatan rutin yang sekaligus juga melaksanakan penelitian tindakan kelas untuk mengujikan tindakan yang baru.
  • Berkembangnya kepercayaan timbal-balik antara pendidik dengan peserta didik, dengan teman sejawat, dan dengan kepala sekolah.
X
Subscribe or Donate Us!
Subscribe!
Or Donate!