Penelitian tindakan kelas yaitu bentuk penelitian pembelajaran yang berkonteks kelas yang dilakukan oleh pendidik untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan di dalam pembelajaran yang dihadapi oleh pendidik, membenahi kualitas dan prestasi belajar dan mengujikan hal baru dalam pembelajaran demi meningkatkan kualitas dan prestasi pembelajaran.
Secara singkat, penelitian tindakan kelas yaitu suatu ragam kajian yang mempunyai sifat reflektif yang dilakukan oleh pelaksana tindakan, untuk peningkatan tindakan-tindakan dalam pelaksanaan tugas, memperdalam pengetahuan terhadap tindakan-tindakan yang dilakukan, serta membenahi di mana praktik-praktik pembelajaran dilakukan.
Penelitian tindakan kelas merupakan penelitian yang digagas untuk mengatasi permasalahan langsung atau penyelesaian proses reflektif permasalahan progresif untuk membenahi cara mereka mengatasi permasalahan dan mengatasi permasalahan. Penelitian tindakan kelas melibatkan proses aktif berpartisipasi selama melakukan penelitian. Penelitian tindakan kelas juga bisa dilaksanakan dengan dibantu atau dipimpin oleh peneliti profesional, dengan tujuan untuk meningkatkan praktik, strategi, dan pemahaman mengenai lingkungan di mana mereka berlatih.
Penelitian tindakan kelas merupakan suatu pendekatan untuk membenahi pendidikan melalui perubahan dengan menstimulasi para pendidik untuk memikirkan praktek mengajarnya sendiri dan agar mau untuk membenahinya. Penelitian tindakan kelas dipandang sebagai suatu cara untuk memberi ciri bagi seperangkat kegiatan yang direncanakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Penelitian tindakan kelas merupakan suatu ragam penelitian refleksi diri yang dilakukan oleh para partisipan (pendidik, peserta didik, atau kepala sekolah) dalam situasi-situsi sosial (termasuk pendidikan) untuk membenahi rasionalitas dan kebenaran praktk-praktik sosial atau pendidikan yang dilakukan sendiri, pengertian tentang praktik-praktik tersebut, dan situasi-situasi dimana praktik-praktik tersebut dilakukan. Penelitian tindakan merupakan intervensi praktik di dunia nyata yang ditujukan untuk peningkatan situasi praktis.
Penelitian tindakan kelas merupakan penelitian yang digagas untuk mengatasi permasalahan langsung atau penyelesaian proses reflektif permasalahan progresif untuk membenahi cara mereka mengatasi permasalahan dan mengatasi permasalahan. Penelitian tindakan kelas melibatkan proses aktif berpartisipasi selama melakukan penelitian. Penelitian tindakan kelas juga bisa dilaksanakan dengan dibantu atau dipimpin oleh peneliti profesional, dengan tujuan untuk meningkatkan praktik, strategi, dan pemahaman mengenai lingkungan di mana mereka berlatih.
Penelitian tindakan kelas merupakan suatu ragam penelitian refleksi diri yang dilakukan oleh para partisipan (pendidik, peserta didik, atau kepala sekolah) dalam situasi-situsi sosial (termasuk pendidikan) untuk membenahi rasionalitas dan kebenaran praktk-praktik sosial atau pendidikan yang dilakukan sendiri, pengertian tentang praktik-praktik tersebut, dan situasi-situasi dimana praktik-praktik tersebut dilakukan. Penelitian tindakan merupakan intervensi praktik di dunia nyata yang ditujukan untuk peningkatan situasi praktis.