-->

Skripsi: Analisis Unsur Dikotomis Kumpulan Puisi Nyanyi Sunyi Karya Amir Hamzah

Download skripsi bahasa Indonesia: Analisis Unsur Dikotomis Kumpulan Puisi Nyanyi Sunyi Karya Amir Hamzah.

Ditulis oleh: Skripsi Inside
Karya sastra merupakan suatu ungkapan perasaan pengarang yang mampu memberikan pengetahuan, pengalaman, dan wawasan bagi penikmatnya dengan memanfaatkan bahasa sebagai alatnya. Puisi merupakan bentuk kesusastraan yang paling tua. Karya-karya besar dunia yang besifat monumental ditulis dalam bentuk puisi. Namun walaupun demikian, bukan berarti puisi hanya dipergunakan sebagai sarana penyusunan karya besar, tetapi puisi sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari.

Tradisi berpuisi sudah merupakan tradisi kuno dalam masyarakat. Puisi yang paling tua ialah mantra. Salah satu contoh puisi yang paling banyak kita jumpai ialah kebiasaan masyarakat desa jawa, yakni mendendangkan tembang-tembang jawa pada saat acara jagong bayi atau pesta-pesta tertentu. Isi tembang-tembang tersebut ada yang berbentuk cerita dan ada pula yang berbentuk nasihat.

Mantra menggambarkan hakikat aktual sebuah puisi, yakni pengkonsentrasian kekuatan bahasa itu dimaksudkan oleh penciptanya untuk menimbulkan daya magis atau daya gaib. Puisi sebagai salah satu tipe karya sastra memiliki sistematika yang berbeda dengan prosa. Perbedaan itu tidak hanya terdiri atas sistematika fisiknya, tetapi juga dalam hal sistematika batin.

Bahasa yang dipakai dalam puisi ialah bahasa konotatif, makna yang terdapat dalam puisi dapat bermakna lugas, namun lebih banyak mengandung makna kias melalui lambang dan kiasan. Satu kata dalam puisi dapat bermakna dua bahkan lebih, kata dan larik penyusunnya begitu padat, namun maknanya sangat luas dan mendalam.

Puisi mengekspresikan pikiran yang membangkitkan perasaan yang merangsang imaji panca indra dalam susunan yang berirama, semua itu merupakan susunan yang penting, yang direkam dan diekspresikan, yang dinyatakan dengan menarik dan memberi kesan. Puisi itu merupakan rekaman dan interpretasi pengalaman manusia yang penting, digubah dalam wujud yang paling berkesan.

Nyanyi Sunyi, karya Amir Hamzah merupakan kumpulan puisi yang diterbitkan pada tahun 2001. Di dalamnya menggambarkan curahan hati dan pergolakan jiwa pengarang yang sangat dahsyat, dan dilatarbelakangi oleh berbagai gejolak budaya yang tidak sehat dalam masyarakat, sebab keberadaan puisi erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari dan tidak bisa lepas dari masyarakat dan budaya tempat lahir puisi itu sendiri.

Puisi sebagai salah satu tipe sastra dapat dikaji dari macam-macam aspek. Puisi dapat dikaji dari sistematika penyusunnya, hal tersebut karena puisi memang tersusun dari unsur-unsur pembangun sebagai sarana kepuitisan. Puisi dapat pula dikaji dari segi tipe-tipenya, hal tersebut karena puisi memang banyak ragamnya. Puisi dapat pula dikaji dari sudut kesejarahannya, hal tersebut mengingat bahwa dari masa ke masa, bahkan sampai saat ini puisi selalu ditulis.

Pengkajian secara dikhotomis merupakan bentuk pengkajian terhadap puisi yang memandang puisi tersusun atas dua bentuk, yakni bentuk fisik dan bentuk batin. Pengkajian secara dikotomis, bertujuan untuk mengetahui unsur-unsur yang menciptakan puisi, baik unsur fisik ataupun unsur batinnya. Walaupun puisi tersusun atas sistematika batin dan fisik, namun kedua unsur tersebut bersifat padu dan tidak dapat dipisahkan antara unsur yang satu dengan unsur yang lainnya. Unsur-unsur itu bersifat fungsional dalam kesatuannya dan juga bersifat fungsional terhadap unsur yang lainnya.

Download Proposal Skripsi:

Link Download:
X
Subscribe or Donate Us!
Subscribe!
Or Donate!