-->

Skripsi: Analisis Tema Kultural Roman Jangir Bali Karya Nur Sutan Iskandar

Download skripsi bahasa Indonesia: Analisis Tema Kultural Roman Jangir Bali Karya Nur Sutan Iskandar.

Ditulis oleh: Skripsi Inside
Karya sastra merupakan karya seni yang indah dan merupakan pemenuhan keperluan manusia terhadap naluri keindahannya. Karya sastra dapat memberikan penghayatan yang mendalam terhadap yang diketahui. Pengetahuan yang kita peroleh bersifat penalaran, tetapi pengetahuan itu dapat menjadi hidup dalam sastra.

Sebagai karya imajiner, novel menawarkan berbagai problem manusia dan kemanusiaan, hidup dan kehidupan. Pengungkapannya dilaksanakan secara selektif dan dibentuk sesuai dengan tujuannya dengan memasukkan unsur hiburan dan penerangan terhadap kehidupan. Oleh karena itu, fiksi dapat diartikan sebagai prosa naratif yang mempunyai sifat imajinatif.

Seorang pengarang hakikatnya merupakan seorang anggota masyarakat. Oleh karena itu, terikat oleh status sosial tertentu. Itulah sebabnya sastra dapat dilihat sebagai institusi sosial yang memanfaatkan medium bahasa. Bahasa itu sendiri merupakan produk sosial sebagai sistem tanda yang mempunyai sifat arbitrer. Sastra menampilkan gambaran kehidupan, dan kehidupan itu sendiri merupakan suatu kenyataan sosial.

Tidak dapat dipungkiri bahwa karya sastra merupakan sebuah kejadian sosial, karena pada hakikatnya sastra merupakan produk sosial. Itulah sebabnya, apa yang tergambar dalam karya sastra merupakan sebuah ensitas masyarakat yang bergerak, baik yang berkaitan dengan sistematika, fungsi, ataupun aktivitas dan kondisi sosial budaya sebagai latar belakang kehidupan masyarakat.

"Roman Jangir Bali" temasuk roman nostalgia yang bernuansakan budaya. Hal ini karena roman tersebut ditujukan kepada sepasang kekasih yang berlainan kultur budayanya. Yang laki-laki keturunan ningrat beragamakan islam berasal dari tanah madura. Sedangkan yang perempuan berkasta sudra, yakni kasta yang paling rendah dalam agama Hindu di Bali.

"Roman Jangir Bali" merupakan salah satu karya Nur Sutan Iskandar yang dicetak pada tahun 2000. Di dalamnya dikritik ketimpangan yang ada dalam kultur budaya kita. Dengan latar perbedaan sosial budaya, roman ini memaparkan seorang tokoh yang berjuang membuka tirani budaya yang dianggapnya timpang dan bertentangan dengan asas keadilan. Di dalamnya juga diungkapkan seluk beluk sosial budaya yang ada di bali dan tata cara masyarakat bali dalam melaksanakan ibadah.

Download Proposal Skripsi:

Link Download:
X
Subscribe or Donate Us!
Subscribe!
Or Donate!