-->

Skripsi: Pengembangan Kamus Elektronik Akuntansi Keuangan Berbasis Korpus

Download skripsi akuntansi: Pengembangan Kamus Elektronik Akuntansi Keuangan Berbasis Korpus.

Ditulis oleh: Skripsi Inside
Kamus merupakan alat yang begitu penting dalam memahami dan menggunakan bahasa asing. Kamus berfungsi meningkatkan pengetahuan kosakata, yang memainkan peran penting dalam pembelajaran bahasa. Tanpa tata bahasa, hanya sedikit yang bisa tersampaikan, namun tanpa kosakata, tidak ada yang bisa dijelaskan. Penyerapan kosakata berperan penting dalam pemanfaatan bahasa asing.

Kosakata dibagi menjadi empat kelompok, yakni: kosakata berfrekuensi tinggi, kosakata akademik, kosakata teknis, dan kosakata berfrekuensi rendah. Kosakata berfrekuensi tinggi ialah kata-kata yang banyak dipakai dalam teks umum. Kosakata akademik ialah kosakata yang banyak ditemui dalam bidang akademis dan tidak bersifat teknis. Kosakata teknis sebagian besar dipakai oleh para profesional yang menggeluti bidang ilmu tertentu. Kosakata berfrekuensi rendah ialah kosakata yang berisi semua kata-kata yang jarang dipakai dalam bahasa Inggris.

Saat ini sudah banyak penelitian yang berkaitan dengan kosakata berfrekuensi tinggi dan kosakata akademik, tetapi hanya sedikit penelitian yang berkaitan dengan kosakata teknis. Hal ini disebabkan karena para pengajar bahasa Inggris pada umumnya tidak mempunyai pengetahuan khusus tentang area teknis tertentu. Kosakata teknis berhubungan dengan bidang ilmu tertentu sehingga kosakata yang diperlukan bersifat khusus pula.

Kosakata teknis mempunyai peranan penting bagi mahasiswa dan profesional di bidang ilmu tertentu. Oleh sebab itu, meskipun terdapat kesulitan dalam mengetahui definisi dari suatu istilah, pengajar bahasa Inggris atau ahli di bidang bahasa, khususnya ahli leksikografi, harusnya menemukan jalan keluar untuk menyelesaikan kesulitan tersebut.

Salah satu cara yang dapat dipakai untuk mempermudah pemahaman kosakata khusus ialah dengan membuat kamus yang berisi istilah khusus atau terminologi tersebut. Hingga saat ini, kamus terminologi masih berbasis pengetahuan umum dari penulisnya atau dari pengalaman para penulisnya di bidang tersebut. Akibatnya, kata-kata yang dimasukkan dalam kamus tersebut tidak mencakup kosakata teknis yang penting untuk diketahui, atau mencakup terlalu banyak kosakata yang tidak terlalu penting untuk diketahui.

Penentuan kosakata yang perlu dimasukkan dalam kamus seharusnya berlandaskan korpus. Akan tetapi, di Indonesia, penulisan kamus dengan berbasis korpus masih sangat jarang, atau mungkin bahkan belum ada. Padahal, di negara-negara lain, kamus berbasis korpus telah berkembang pesat. Untuk tujuan di bidang ilmu tertentu, kosakata yang dimasukkan dalam korpus juga harusnya dibuat dan dianalisis sedemikian rupa sehingga hanya kosakata penting atau teknis saja yang dipilih dari kamus khusus atau terminografi tersebut.

Keadaan di atas tentunya sangat menyedihkan. Bangsa Indonesia, yang besar dan telah banyak memanfaatkan komputer dan mempunyai banyak ahli leksikografi, ternyata tidak mempunyai kamus terminologi bilingual yang terkomputerisasi dan berbasis korpus. Oleh sebab itu, peneliti bertujuan untuk mengembangkan kamus elektronik untuk salah satu bidang ilmu tertentu. Kamus ini nantinya akan dapat diinstal di komputer. selain itu, kamus ini juga akan berbasis korpus. Kamus yang akan dibuat di sini ialah kamus Inggris-Indonesia akuntansi keuangan berbasis korpus.

Download Proposal Skripsi:

Link Download:
X
Subscribe or Donate Us!
Subscribe!
Or Donate!