-->

Skripsi: Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Leverage, Faktor Intern dan Ekstern terhadap Nilai Perusahaan

Download skripsi akuntansi: Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Faktor Intern dan Ekstern terhadap Nilai Perusahaan.

Ditulis oleh: Skripsi Inside
Struktur modal akan sangat berpengaruh pada kinerja perusahaan. Keputusan apakah dana yang akan dipakai oleh perusahaan dengan hutang atau dengan penjualan saham akan sangat berpengaruh terhadap kinerja perusahaan khususnya dalam rangka memaksimalkan kemakmuran atau kekayaan para pemegang saham. Perusahaan perlu mengusahakan suatu keseimbangan yang maksimal dalam memanfaatkan kedua sumber tersebut sehingga dapat memaksimalkan nilai perusahaan.

Perusahaan bertujuan untuk memaksimalkan kesejahteraan pemilik melalui keputusan atau kebijakan investasi, keputusan pendanaan dan keputusan dividen yang tercermin dalam harga saham di pasar modal. Tujuan ini sering diterjemahkan sebagai suatu usaha untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Dalam meraih tujuan tersebut, banyak shareholder yang menyerahkan penyelenggaraan perusahaan kepada para profesional yang bertanggung jawab mengelola perusahaan, yang disebut manajer.

Para manajer yang diangkat oleh shareholder diharapkan akan bertindak atas nama shareholder tersebut, yakni memaksimalkan nilai perusahaan sehingga kemakmuran shareholder akan dapat tercapai. Para manajer dalam melaksanakan operasi perusahaan, sering kali tergoda untuk meningkatkan kesejahteraannya sendiri. Kondisi ini akan mengakibatkan munculnya perbedaan kepentingan antara eksternal shareholder dengan manajer. Konflik yang disebabkan oleh pemisahan antara kepemilikan dan fungsi penyelenggaraan dalam teori keuangan disebut konflik keagenaan.

Meningkatkan kepemilikan manajerial dapat dipakai sebagai cara untuk mengurangi konflik keagenan. Perusahaan meningkatkan kepemilikan manajerial untuk mensejajarkan kedudukan manajer dengan pemegang saham sehingga bertindak sesuai dengan kehendak pemegang saham. Dengan meningkatnya persentase kepemilikan, manajer termotivasi untuk meningkatkan kinerja dan bertanggung jawab meningkatkan kemakmuran pemegang saham.

Meningkatkan dividen diharapkan dapat mengurangi biaya keagenan. Hal ini disebabkan dividen yang besar menyebabkan rasio laba ditahan akan kecil sehingga perusahaan memerlukan tambahan dana dari sumber eksternal, seperti emisi saham baru. Penambahan dana menyebabkan kinerja manajer dimonitor oleh bursa dan penyediaan dana baru. Pengawasan kinerja menyebabkan manajer bertindak sesuai dengan kepentingan pemegang saham sehingga mengurangi biaya yang berkaitan dengan emisi saham baru.

Dari beberapa penelitian yang dilaksanakan pada perusahaan-perusahaan di indonesia ditemukan bahwa perusahaan-perusahaan di indonesia cenderung mengikuti hirarki pendanaan. Struktur modal perusahaan diprediksi juga dipengaruhi oleh faktor ekstern dan faktor intern perusahaan. Struktur kepemilikan menjadi penting dalam teori keagenan karena sebagian besar argumentasi konflik keagenan disebabkan oleh adanya pemisahan kepemilikan dan penyelenggaraan.

Struktur kepemilikan saham diprediksi berpengaruh dalam penentuan struktur modal. Semakin terkonsentrasi kepemilikan saham perusahaan cenderung akan mengurangi utang. Semakin terkonsentrasi kepemilikan saham, maka akan terjadi pengawasan yang efektif terhadap manjemen. Manajemen akan semakin berhati-hati dalam melakukan peminjaman, sebab jumlah utang yang terlalu tinggi akan menimbulkan risiko financial distress sehingga nilai perusahaan akan menurun.

Download Proposal Skripsi:

Link Download:
X
Subscribe or Donate Us!
Subscribe!
Or Donate!