-->

Skripsi: Analisis Pengaruh SBI, Jumlah Uang, Inflasi dan Nilai Tukar terhadap Kinerja Reksa Dana Saham

Download skripsi akuntansi: Analisis Pengaruh SBI, Jumlah Uang, Inflasi dan Nilai Tukar terhadap Kinerja Reksa Dana.

Ditulis oleh: Skripsi Inside
Meningkatkan kesejahteraan dan tingkat harapan hidup akan membuat seseorang berpikir tentang masa depan dan akan membawa dampak terhadap perlunya penempatan dana yang umumnya disisihkan dari pendapatan, tetapi dalam sesuatu yang diharapkan akan meningkat nilainya di masa datang. Kegiatan menempatkan dana pada sesuatu yang diharapkan akan meningkat nilainya di masa depan disebut sebagai kegiatan investasi.

Terdapat tiga hal yang mendasari perlunya melaksanakan investasi, yakni adanya keperluan masa depan atau keperluan saat ini, adanya kehendak untuk menambah nilai aset, dan adanya keperluan untuk melindungi nilai aset yang sudah dipunyai. Oleh karena itu, orang berusaha untuk menyisihkan sebagian pendapatannya di masa produktif dan menyimpannya untuk masa depan yang umumnya sudah kurang produktif.

Investasi keuangan dilaksanakan di pasar keuangan yang pada umumnya dibagi menjadi dua, yakni pasar uang dan pasar modal. Pasar uang merupakan pasar untuk surat berharga jangka pendek seperti sertifikat bank Indonesia, surat berharga pasar uang, dan commercial paper. Sedangkan dalam pasar modal merupakan pasar untuk surat berharga jangka panjang dimana instrumen yang diperjualbelikan seperti saham dan obligasi.

Bagi dunia usaha, pasar modal Indonesia memberikan alternatif pembiayaan yang menarik melalui kemungkinan-kemungkinan menggalang dana dimana perusahaan menjadi melembaga secara ekonomi dan sosial dalam sistem ekonomi. Sementara dari sudut perusahaan, pasar modal membuat perusahaan itu lebih transparan dan terbuka bagi kritik masyarakat secara meluas.

Bagi para pemilik dana, pasar modal memberikan berbagai pilihan investasi. Jumlah dan bentuk pilihan ini semakin banyak mulai dari yang relatif tinggi resikonya sampai pada pilihan beresiko rendah. Alternatif yang semula terbatas pada saham dan obligasi, kini menjadi semakin beragam dengan adanya portofolio, yang merupakan cikal bakal terbentuknya reksa dana.

Lahirnya reksa dana merupakan suatu penyelesaian baru terhadap wahana investasi di mana seorang pemodal dapat menerapkan prinsip diversifikasi, tanpa harus mempunyai modal yang relatif besar, pengetahuan yang cukup dan tidak perlu mengorbankan waktu untuk memilih dan mengawasinya terus-menerus untuk memperhatikan kondisi dan perkembangan pasar.

Reksa dana merupakan institusi jasa keuangan yang menerima uang dari para pemodal yang kemudian menginvestasikan dana tersebut dalam portofolio yang terdiversifikasi pada sekuritas. Reksa dana sendiri sebagai produk merupakan cukup sederhana dan menarik. Sederhana karena produk merupakan dalam bentuk sertifikat yang terdiri atas berbagai instrumen pasar modal dan pasar uang.

Reksa dana saham tidak hanya memberikan manfaat secara langsung kepada emiten ataupun investor tetapi juga secara tidak langsung akan memberikan manfaat bagi industri pasar modal dan bagi pertumbuhan ekonomi karena turut menjadi salah satu penopang berputarnya roda perekonomian, yakni sebagai perantara yang menyediakan sumber dana bagi kegiatan investasi. Keberhasilan penggalangan dana masyarakat untuk tujuan investasi ini pada akhirnya akan berperanan dalam pertumbuhan ekonomi nasional yang berorientasi pada pemanfaatan sumber dana dalam negeri.

Download Proposal Skripsi:

Link Download:
X
Subscribe or Donate Us!
Subscribe!
Or Donate!