-->

Skripsi: Pengaruh Temperatur terhadap Laju Volume Oli

Download skripsi fisika: Pengaruh Temperatur terhadap Laju Volume Oli.

Ditulis oleh: Skripsi Inside
Kegiatan penyelidikan dalam fisika dapat diwujudkan dengan memanfaatkan kegiatan eksperimen, ataupun kajian teoritis dengan selalu berlandaskan pada metode ilmiah. Rangkaian kegiatan tersebut akan menghasilkan suatu kebenaran berupa konsep, teorema, asas, ataupun hukum yang dapat diakui secara umum.

Pendekatan pengajaran fisika melalui penemuan merupakan strategi belajar mengajar yang menuntut siswa melaksanakan usaha selama kegiatan pembelajaran berlangsung untuk dapat memahami asas, konsep, teori, dan hukum fisika secara benar. Sehingga diharapkan siswa akan tertarik dalam mengembangkan minat dan keterampilan untuk mempelajari fisika secara mendalam.

Eksperimen merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari ilmu pengetahuan alam. Oleh karena itu, dalam pendidikan ilmu pengetahuan alam tentu saja kedudukan eksperimen begitu penting. Seorang pendidik dituntut mempunyai wawasan yang luas mengenai pemilihan strategi belajar mengajar, sehingga mempermudah dalam meraih tujuan pengajaran.

Fluida merupakan zat yang dapat mengalir. Massa tipe merupakan sifat karakteristik suatu bahan. Massa tipe suatu bahan didefinisikan sebagai massa persatuan volume yang tergantung pada faktor lingkungan seperti suhu dan tekanan. Hampir semua zat akan memuai bila dipanaskan dan akan menyusut bila didinginkan.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat menjumpai penggunaan zat cair untuk berbagai kebutuhan misal minyak tanah, oli, minyak goreng, dan lain-lain. Salah satu zat cair yang penggunaannya berhubungan dengan proses pemanasan merupakan oli. Oli merupakan penopang utama dari kerja sebuah mesin, bahkan oli juga menentukan performa dan daya tahan mesin. Setiap merek oli tentu mempunyai beberapa spesifikasi khusus sesuai dengan kegunaannya sebagai pelumas mesin berkarakter tertentu.

Fungsi oli yang utama merupakan untuk melumasi dan mengurangi gesekan antar komponen mesin, kemudian fungsinya meluas sebagai penyalur panas sehingga membuat mesin tidak over heat. Lebih jauh lagi sebagai pembersih mesin dari sisa pembakaran dan deposit senyawa karbon yang masuk dalam ruang bakar supaya tidak muncul endapan lumpur.

Perbedaan oli yang satu dengan oli yang lain merupakan penambahan zat adiktifnya, sehingga mempunyai karakter khusus, seperti usia pakai yang lebih lama, low smoke dan sebagainya. Oli mempunyai kekentalan yang berbeda-beda, sehingga pemakainnya disesuaikan dengan tipe mesin yang dilumasi. Pada suhu mesin yang tinggi kekentalan oli cenderung turun dan oli mengalami pemuaian volume, sebaliknya bila suhu mesin rendah maka kekentalan oli cenderung meningkat, dan oli mengalami penyusutan volume. Oli mengalami perubahan volume bila terjadi perubahan temperatur. Volume suatu zat berhubungan dengan besarnya massa tipe zat tersebut.

Download Proposal Skripsi:

Link Download:
X
Subscribe or Donate Us!
Subscribe!
Or Donate!