-->

Skripsi: Pengaruh Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Biologi

Download skripsi biologi: Pengaruh Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Biologi.

Ditulis oleh: Skripsi Inside
Strategi belajar, pendekatan belajar, dan metode belajar termasuk faktor yang turut menentukan tingkat efisiensi dan keberhasilan siswa. Seorang siswa mempunyai keterampilan kognitif yang lebih tinggi dari teman-temannya ternyata hanya mampu meraih hasil yang sama dengan apa yang diraih oleh teman-temannya, bahkan bukan hal yang mustahil jika suatu saat siswa yang cerdas tersebut mengalami kemerosotan prestasi ke yang lebih rendah dari pada prestasi yang diraih oleh temannya yang berkapasitas rata-rata.

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya dalam menyelesaikan segala problem pendidikan. Upaya tersebut hampir mencakup semua komponen pendidikan. Misalnya pembaharuan kurikulum, peningkatan mutu guru, pembaharuan kegiatan pembelajaran, pengadaan dan perbaikan sarana dan prasarana belajar, pengadaan buku pelajaran, penataan organisasi dan manajemen pendidikan, perbaikan sistem penilaian, dan berbagai usaha yang mengarah pada pencapaian hasil pendidikan secara maksimal.

Keberhasilan pendidikan sangat bergantung pada manusianya. Unsur manusia yang paling menentukan keberhasilan pendidikan merupakan guru dan peserta didik. Dalam hal ini, guru dituntut untuk menjadi tenaga pengajar dan pendidik yang profesional. Di lain pihak, peserta didik harus sadar bahwa pendidikan sangat menentukan kemajuan peradaban manusia.

Unsur terpenting dalam mewujudkan proses kegiatan pendidikan dan pengajaran antara lain adalah bagaimana guru dapat merangsang dan mengarahkan siswa dalam belajar, yang pada gilirannya dapat menstimulasi siswa dalam pencapaian prestasi belajar secara maksimal. Mengajar dapat merangsang dan membimbing dengan berbagai pendekatan, di mana setiap pendekatan dapat mengarah pada pencapai tujuan belajar yang berbeda. Tetapi siapapun subjek mengajar, pada hakekatnya merupakan menolong siswa dalam mendapatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, serta ide dan apresiasi yang mengarah pada perubahan tingkah laku dan pertumbuhan siswa.

Berdasar uraian-uraian tersebut di atas, terlihat problem pendidikan yang banyak diragukan orang bisa diselesaikan secara baik. Walaupun semua unsur yang berpengaruh terhadap pencapaian prestasi belajar yang maksimal telah diperhatikan. Hanya saja kenyataan menunjukan, bahwa setiap kali evaluasi pengajaran dilaksanakan, seringkali hasilnya tidak memuaskan. Tentu saja banyak faktor yang berpengaruh, di antaranya merupakan minat belajar siswa terhadap pelajaran yang dimaksud.

Download Proposal Skripsi:

Link Download:
X
Subscribe or Donate Us!
Subscribe!
Or Donate!